holaaaaa, buat yang lagi nyari solusi dari hambatan komunikasi, yuk cek posting dibawah ini. insyaallah bisa ngebantu kalian semua. let's check this out!!
SOLUSI
HAMBATAN KOMUNIKASI
Dalam
berkomunikasi, pasti ada yang namanya hambatan di dalamnya. Baik itu yang
datang dari pelaku yang berkomunikasi ataupun faktor alam yang terjadi.
Meskipun sebuah komunikasi telah dirancang sebaik mungkin, apabila alam tidak
menghendaki maka hambatan itu akan tetap ada. Maka dari itu, kita harus
mengetahui solusi dari kemungkinan hambatan yang akan terjadi. Hal tersebut
ditujukan agar kita dapat paham apabila suatu hambatan saat kita berkomunikasi
dapat kita atasi, atau setidaknya mengurangi hambatan tersebut mengganggu kita.
Kali
ini saya akan menyampaikan solusi untuk mengatasi hambatan komunikasi. Solusi
tersebut saya jabarkan dalam masing-masing hambatan yang terjadi. Adapun solusi
yang saya maksud adalah sebagai berikut :
1.
Solusi
Dari Hambatan Yang Bersifat Teknis
Sebelumnya hambatan teknis
merupakan hambatan yang datang dari faktor yang bersifat teknis, seperti media
untuk komunikasi, saluran atau jaringan komunikasi, dan penguasaan menggunakan
media yang tersedia. Untuk mengatasi hambatan ini solusinya adalah sebagai
berikut :
ü Seluruh
media yang dibutuhkan harus tersedia secara lengkap
ü Media
yang tersedia harus uptodate (terbaru)
sehingga tidak tertinggal dengan teknologi yang dipakai oleh instansi yang
sering menjalin kerja sama. Solusi sejenis ini dapat juga dilakukan dengan
menyediakan media yang standar digunakan kantor-kantor pada umumnya.
ü Pastikan
media yang digunakan terhubung dengan saluran yang baik dan terawat. Serta
berjangka waktu lama untuk mengganti dengan yang baru.
ü Lakukan
komunikasi pada waktu yang tepat. Hal ini ditujukan karena pada waktu tertentu
jaringan komunikasi dapat terganggu, seperti saat hujan.
ü Sediakan
jenset atau penyimpan daya listrik lainnya. Ini berguna saat terjadi padam
listrik di tengah komunikasi terjadi, karena sebagian besar media bertenaga
listrik.
ü Komunikator
harus dapat menggunakan berbagai media yang digunakannya.
ü Metode
yang digunakan harus sesuai dengan media yang tersedia. Misalnya metode yang
digunakan adalah melalui sebuah presentasi, maka media yang harus tersedia
adalah sebuah projector.
ü Dan
yang terkhir tentu saja tempat yang digunakan harus sesuai dengan media,
metode, waktu, dan kempuan komunikator dalam berkomunikasi.
2.
Solusi
Dari Hambatan Perilaku
Hambatan
ini terjadi akibat faktor dalam diri komunikator maupun komunikan. Biasanya
salah seorang diantaranya atau keduanya ada masalah diluar hubungan komunikasi
tersebut. Sehingga bisa dibilang ada sebuah perang dingin di dalamnya. Untuk
mengatasi hambatan semacam ini adalah sebagai berikut :
ü Komunikator
dan komunikan harus bersifat profesional, apabila ada masalah diluar jangan
sampai terbawa dalam sebuah komunikasi yang melibatkan banyak orang.
ü Mimik
wajah yang ditimbulkan harus simpati, perhatian, dan mendengarkan.
ü Mendengarkan
dan menghargai tiap pesan dari komunikator.
ü Tidak
merasa paling pintar dan anggap tiap pesan yang diterima itu penting.
ü Tidak
memihak dan tidak memaksakan kehendaknya untuk diterima.
ü Berfikir
positif. Jangan beranggapan kritik dari komunikator/komunikan sebuah cara untuk
menjatuhkan.
3.
Solusi
Dari Hambatan Bahasa
Hambatan
ini terjadi karena penggunaan bahasa, artikulasi, dan intonasi saat
berkomunikasi tidak sesuai dengan pihak yang diajak berkomunikasi ataupun
bahasa yang digunakan memiliki dua arti dan banyak pandangan yang berbeda
mengenai maknanya. Untuk mengatasinya, solusinya adalah sebagai berikut :
ü Gunakan
bahasa yang umum tetapi tetap resmi, jika komunikasi yang terjadi bersifat
resmi.
ü Kata-kata
yang diucapkan tidak bersifat ambigu (memiliki dua arti), sehingga tidak
terjadi pemahaman makna ganda.
ü Bicara
secara to the point atau langsung
keinti pembicaraan tanpa bertele-tele dengan kalimat yang tidak penting.
ü Artikulasi
perkata harus jelas
ü Intonasi
harus sesuai dengan konteks kalimat. Apabila kalimat yang ingin disampaikan
adalah sebuah pertanyaan, maka intonasinya pun harus intosi pertanyaan bukan
perintah.
ü Menyadari
kemampuan komunikan dalam memahami kata-kata yang disampaikan
ü Penggunaan
kode ataupun bahasa isyarat haru jelas atau bersifat umum, sehingga dapat
dimengerti oleh orang yang dimaksud
4.
Solusi
Dari Hambatan Struktur
Hambatan
ini diakibatkan karena adanya perbedaan tingkat jabatan antara atasan dengan
bawahan. Yang biasanya terjadi hambatan adalah ketika bawahan yang ingin
menyampaikan sebuah pesan atau menerima sebuah perintah langsung dari atasan.
Dalam hal itu biasanya bawahan sudah gugup dahulu, karena menganggap atasan
orang yang paling tidak bersahabat dengan bawahan. Untuk mengatasinya,
solusinya adalah sebagai berikut :
ü Baik
atasan atau bawahan harus membina hubungan yang bersahabat dan terbuka.
ü Atasan
harus mau berkomunikasi dengan bawahan secara formal maupun non formal.
ü Atasan
harus mempercayakan bahwa bawahan dapat memberi saran dan info yang dia
butuhkan.
ü Atasan
tidak boleh menganggap dirinya paling pintar, sehingga menjadi sombong dengan
bawahan.
ü Bawahan
harus percaya diri saat berbicara kepada atasan
ü Tidak
menganggap perbedaan jabatan menjadi hambatan, akan tetapi tetap harus bersifat
sopan dan santun dalam berkomunikasi.
5.
Solusi
Dari Hambatan Latar Belakang
Hambatan
ini terjadi karena adanya perbedaan status sosial dan status pendidikan.
Hambatan ini hampir sama dengan hambatan struktur, akan tetapi ini tidak
dilihat dari sisi tingkatan jabatan. Untuk mengatasinya, solusinya adalah
sebagai berikut :
ü Menggunakan
kata-kata yang dipahami oleh komunikan (yang status sosial/pendidikan yang
lebih rendah)
ü Tetap
berpandangan simpati, perhatian, dan mengahargai tiap perkataan dari komunikan
ü Jangan
merasa paling pintar dan menguasai kegiatan komunikasi, hanya karena status
sosial dan pendidikan yang lebih tinggi dari komunikan
ü Komunikan
harus menambah wawasannya meskipun status sosial dan pendidikannya mungkin
lebih rendah dari komunikator
ü Komunikator
juga harus mau menerima saran dari komunikannya
ü Jangan
sampai perbedaan status tersebut membuat salah satu pihak terpancing emosi,
maka dari itu harus saling rendah hati dan menghargai
Itulah
solusi-solusi dari setiap hambatan yang mungkin dapat terjadi dalam kegiatan
berkomunikasi. Dengan memahami solusi tersebut, diharapkan saat melakukan
komunikasi hambatan tersebut tidak terjadi. Selain itu kita dapat mengendalikan
diri apabila sebuah hambatan sudah mulai muncul dalam komunikasi.
0 komentar:
Posting Komentar