Pages

Selasa, 10 Juni 2014

Solusi Hambatan Komunikasi - Manajemen Administrasi Perkantoran


holaaaaa, buat yang lagi nyari solusi dari hambatan komunikasi, yuk cek posting dibawah ini. insyaallah bisa ngebantu kalian semua. let's check this out!!




SOLUSI HAMBATAN KOMUNIKASI
          Dalam berkomunikasi, pasti ada yang namanya hambatan di dalamnya. Baik itu yang datang dari pelaku yang berkomunikasi ataupun faktor alam yang terjadi. Meskipun sebuah komunikasi telah dirancang sebaik mungkin, apabila alam tidak menghendaki maka hambatan itu akan tetap ada. Maka dari itu, kita harus mengetahui solusi dari kemungkinan hambatan yang akan terjadi. Hal tersebut ditujukan agar kita dapat paham apabila suatu hambatan saat kita berkomunikasi dapat kita atasi, atau setidaknya mengurangi hambatan tersebut mengganggu kita.
          Kali ini saya akan menyampaikan solusi untuk mengatasi hambatan komunikasi. Solusi tersebut saya jabarkan dalam masing-masing hambatan yang terjadi. Adapun solusi yang saya maksud adalah sebagai berikut :
1.       Solusi Dari Hambatan Yang Bersifat Teknis
Sebelumnya hambatan teknis merupakan hambatan yang datang dari faktor yang bersifat teknis, seperti media untuk komunikasi, saluran atau jaringan komunikasi, dan penguasaan menggunakan media yang tersedia. Untuk mengatasi hambatan ini solusinya adalah sebagai berikut :
ü  Seluruh media yang dibutuhkan harus tersedia secara lengkap
ü Media yang tersedia harus uptodate (terbaru) sehingga tidak tertinggal dengan teknologi yang dipakai oleh instansi yang sering menjalin kerja sama. Solusi sejenis ini dapat juga dilakukan dengan menyediakan media yang standar digunakan kantor-kantor pada umumnya.
ü Pastikan media yang digunakan terhubung dengan saluran yang baik dan terawat. Serta berjangka waktu lama untuk mengganti dengan yang baru.
ü Lakukan komunikasi pada waktu yang tepat. Hal ini ditujukan karena pada waktu tertentu jaringan komunikasi dapat terganggu, seperti saat hujan.
ü Sediakan jenset atau penyimpan daya listrik lainnya. Ini berguna saat terjadi padam listrik di tengah komunikasi terjadi, karena sebagian besar media bertenaga listrik.
ü Komunikator harus dapat menggunakan berbagai media yang digunakannya.
ü Metode yang digunakan harus sesuai dengan media yang tersedia. Misalnya metode yang digunakan adalah melalui sebuah presentasi, maka media yang harus tersedia adalah sebuah projector.
ü Dan yang terkhir tentu saja tempat yang digunakan harus sesuai dengan media, metode, waktu, dan kempuan komunikator dalam berkomunikasi.


2.       Solusi Dari Hambatan Perilaku
Hambatan ini terjadi akibat faktor dalam diri komunikator maupun komunikan. Biasanya salah seorang diantaranya atau keduanya ada masalah diluar hubungan komunikasi tersebut. Sehingga bisa dibilang ada sebuah perang dingin di dalamnya. Untuk mengatasi hambatan semacam ini adalah sebagai berikut :
ü Komunikator dan komunikan harus bersifat profesional, apabila ada masalah diluar jangan sampai terbawa dalam sebuah komunikasi yang melibatkan banyak orang.
ü Mimik wajah yang ditimbulkan harus simpati, perhatian, dan mendengarkan.
ü Mendengarkan dan menghargai tiap pesan dari komunikator.
ü Tidak merasa paling pintar dan anggap tiap pesan yang diterima itu penting.
ü Tidak memihak dan tidak memaksakan kehendaknya untuk diterima.
ü Berfikir positif. Jangan beranggapan kritik dari komunikator/komunikan sebuah cara untuk menjatuhkan.
3.       Solusi Dari Hambatan Bahasa
Hambatan ini terjadi karena penggunaan bahasa, artikulasi, dan intonasi saat berkomunikasi tidak sesuai dengan pihak yang diajak berkomunikasi ataupun bahasa yang digunakan memiliki dua arti dan banyak pandangan yang berbeda mengenai maknanya. Untuk mengatasinya, solusinya adalah sebagai berikut :
ü Gunakan bahasa yang umum tetapi tetap resmi, jika komunikasi yang terjadi bersifat resmi.
ü Kata-kata yang diucapkan tidak bersifat ambigu (memiliki dua arti), sehingga tidak terjadi pemahaman makna ganda.
ü Bicara secara to the point atau langsung keinti pembicaraan tanpa bertele-tele dengan kalimat yang tidak penting.
ü Artikulasi perkata harus jelas
ü Intonasi harus sesuai dengan konteks kalimat. Apabila kalimat yang ingin disampaikan adalah sebuah pertanyaan, maka intonasinya pun harus intosi pertanyaan bukan perintah.
ü Menyadari kemampuan komunikan dalam memahami kata-kata yang disampaikan
ü Penggunaan kode ataupun bahasa isyarat haru jelas atau bersifat umum, sehingga dapat dimengerti oleh orang yang dimaksud
4.     Solusi Dari Hambatan Struktur
Hambatan ini diakibatkan karena adanya perbedaan tingkat jabatan antara atasan dengan bawahan. Yang biasanya terjadi hambatan adalah ketika bawahan yang ingin menyampaikan sebuah pesan atau menerima sebuah perintah langsung dari atasan. Dalam hal itu biasanya bawahan sudah gugup dahulu, karena menganggap atasan orang yang paling tidak bersahabat dengan bawahan. Untuk mengatasinya, solusinya adalah sebagai berikut :
ü Baik atasan atau bawahan harus membina hubungan yang bersahabat dan terbuka.
ü Atasan harus mau berkomunikasi dengan bawahan secara formal maupun non formal.
ü Atasan harus mempercayakan bahwa bawahan dapat memberi saran dan info yang dia butuhkan.
ü Atasan tidak boleh menganggap dirinya paling pintar, sehingga menjadi sombong dengan bawahan.
ü Bawahan harus percaya diri saat berbicara kepada atasan
ü Tidak menganggap perbedaan jabatan menjadi hambatan, akan tetapi tetap harus bersifat sopan dan santun dalam berkomunikasi.
5.       Solusi Dari Hambatan Latar Belakang
Hambatan ini terjadi karena adanya perbedaan status sosial dan status pendidikan. Hambatan ini hampir sama dengan hambatan struktur, akan tetapi ini tidak dilihat dari sisi tingkatan jabatan. Untuk mengatasinya, solusinya adalah sebagai berikut :
ü Menggunakan kata-kata yang dipahami oleh komunikan (yang status sosial/pendidikan yang lebih rendah)
ü Tetap berpandangan simpati, perhatian, dan mengahargai tiap perkataan dari komunikan
ü Jangan merasa paling pintar dan menguasai kegiatan komunikasi, hanya karena status sosial dan pendidikan yang lebih tinggi dari komunikan
ü Komunikan harus menambah wawasannya meskipun status sosial dan pendidikannya mungkin lebih rendah dari komunikator
ü Komunikator juga harus mau menerima saran dari komunikannya
ü Jangan sampai perbedaan status tersebut membuat salah satu pihak terpancing emosi, maka dari itu harus saling rendah hati dan menghargai

Itulah solusi-solusi dari setiap hambatan yang mungkin dapat terjadi dalam kegiatan berkomunikasi. Dengan memahami solusi tersebut, diharapkan saat melakukan komunikasi hambatan tersebut tidak terjadi. Selain itu kita dapat mengendalikan diri apabila sebuah hambatan sudah mulai muncul dalam komunikasi.

0 komentar:

Posting Komentar